Senin, 20 Mei 2013

Putri Rambut Selako


P
utri Rambut Selako, Rambut Selako artinya adalah rambut yang berwarna keemas-emasan mungkin karena beliau ada keturunan barat. Nama aslinya sendiri adalah Putri Damar Kencana Wungsu dan menurut cerita beliau berasal dari Keraton Yogyakarta yang merupakan anak dari Prabu Prawijaya. Putri Rambut Selako adalah sanak famili dari Demang Lebar Daun. Beliau adalah salah satu dari 11 pengikut Ratu Bagus Kuning, yakni Penghulu Gede, Datuk Buyung, Kuncung Emas, Panglima Bisu, Panglima Api, Syekh Ali Akbar, Syekh Maulana Malik Ibrahim, Syekh Idrus, Putri Kembang Dadar, dan Bujang Juaro.

Beliau dimakamkan di Kawasan Bukit Siguntang yang berada di Bukit Besar Palembang. Kawasan ini memiliki ketinggian sekitar 27 meter di atas permukaan laut tepatnya di Kelurahan Bukit Lama. Tempat ini sampai sekarang masih tetap dikeramatkan karena di sini terdapat beberapa makam Raja Sriwijaya. Di antaranya Raja Si Gentar Alam, Putri Kembang Dadar, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus Karang, Pangeran Radja Batu Api, Panglima Tuan Djundjungan, dan tak lain Putri Rambut Selako. Para tokoh itu berasal dari masa akhir Kerajaan Sriwijaya dari Mataram Hindu dan keturunan Majapahit. Nama putri yang satu ini memang tidak sepopuler Putri Kembang Dadar atau tak lain adalah Putri Bunga Melur. Beliau juga adalah salah satu isteri dari Raja Si Gentar Alam(Tuan Iskandar Syah)

a.

b.

(ini gambar makam dari putri rambut selako)

*nyariin artikel ini lumayan susah-_-", ini juga karna dapet tugas dari guru mulok eh taunya ganti tema(banting tembok*) tapi daripada dibuang mendi jadiin artikel blog

3 komentar:

  1. Katanya, saya keturunan ke-17 putri rambut selako. Tapi wallahualam.. saya sendiri belum yakin. Makasih artikelnya cukup membantu.

    BalasHapus
  2. Katanya, saya keturunan ke-17 putri rambut selako. Tapi wallahualam.. saya sendiri belum yakin. Makasih artikelnya cukup membantu.

    BalasHapus